Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Total Station Dengan Theodolite!

cara menggunakan theodolite
Cara Menggunakan Theodolite, Ternyata Mudah Lho!
Agustus 24, 2020
jual alat survey jakarta
Jual Berbagai Alat Survey Jakarta Terlaris 2020
September 14, 2020
perbedaan total station dengan theodolite

Total Station

Total station merupakan alat yang digunakan dalam kegiatan pemetaan dan konstruksi bangunan. Total station adalah alat pengukur jarak dan sudut, baik itu sudut horizontal maupun sudut vertikal secara otomatis. Total station juga dilengkapi dengan chip memori yang memungkinkan Anda dapat menyimpan data pengukuran yang telah Anda selesaikan. Kemudian Anda dapat mendownload dan mengolahnya dengan cara komputasi. Bentuk Total station sekilas mirip dengan theodolite bagi orang awam. Memang sebenarnya, total station merupakan semacam theodolite yang terintegrasi dengan dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)) yang berfungsi  untuk membaca jarak dan kemiringan dari suatu instrumen menuju ke titik tertentu.

Kelebihan Dan Kekurangan Total Station:

  • Dapat meminimalisir kesalahan dari manusia contohnya adalah kesalahan pada saat pembacaan hasil pengukuran dan kesalahan pada saat pencatatan pengukuran.
  • Memudahkan pengaksesan ke sistem dengan berbasis komputer.
  • Mempercepat proses pengukuran maupun pemetaan yang sedang Anda kerjakan.
  • Dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya (ringkas).

Kekurangan:

  • Total station memiliki harga yang mahal.
  • Adanya ketergantungan dengan sumber energi atau tegangan untuk menggunakan alat ini.
  • Memerlukan tenaga manusia yang bisa dan mampu  menggunakan alat ini.

Theodolite

Theodolite merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengukur ketinggian tanah terhadap sudut tegak maupun sudut mendatar. Berbeda dengan fungsi waterpass yang hanya mengukur sudut mendatar saja. Skala terkecil theodolite dapat mencapai satuan sekon (detik).

Theodolite menjadi peralatan survey yang paling canggih diantara yang lain. Pada dasarnya alat ini merupakan sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar yang berbentuk membulat (piringan) yang dapat berputar dengan berporos pada sumbu vertikal, sehingga memungkinkan dapat membaca sudut horizontal. Begitu pula sebaliknya, teleskop juga dapat berputar dengan berporos pada sudut horizontal dan memungkinkan Anda dapat membaca sudut vertikal. Kedua sudut tersebut dapat dibaca dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi (Farrington 1997).

Baca Juga : Cara Menggunakan Theodolite, Ternyata Mudah Lho!

Fungsi Theodolit

Di dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pengukuran tanah, theodolite sering digunakan dalam bentuk pengukuran poligon, pemetaan situasi, maupun untuk melakukan pengamatan matahari. Theodolite juga bisa berubah fungsinya menjadi seperti Pesawat Penyipat Datar bila sudut vertikal nya dibuat sebesar 90 derajat.

Penggunaan teropong pada theodolite juga dapat memudahkan theodolite untuk membidik ke segala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, banyak yang menggunakannya untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan / pekerjaan pondasi, theodolite juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu bangunan bertingkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call